lembaga perekonomian, lembaga perekonomian umat, lembaga ekonomi umat, sejarah lembaga perekonomian umat,(ajt production)

pengertian lembaga perekonomian umat
dalam mengartikan lembaga perekonomian umat, maka ada tiga kata yang harus dipahami terlebih dahulu secara parsial, yakni kata lembaga, kata perekonomian, dan kaata umat. bila ketiga tersebut telah dipahami secara parsial, maka selanjutnya lembaga perekonomian umat dapat dipahami sebagai sesuatu yang intregral, melahirkan sebuah pengertian tersendiri.
lembaga dalam bahasa inggris biasa disebut dengan institution dan dalam bahasa Indonesia setara pula dengan pranata. Maka lembaga ini lebih bernuansa sosiologis, yakni sebagai sebuah proses sosial yang menjelma menjadi sebuah sistem. Kalau lembaga ini lebiih bernuansa sosiologis, maka pemaknaan terhadap lembaga itu pun lebih tepat bila menggunakan pendekatan sosiologi. Dalam hal ini lembaga lebih diartikan sebagai lembaga sosial (social institution).
Dalam perspektif sosiologi, banyak pengertian lembaga sosial yang dimunculkan oleh para sosiolog. Menurut Koentjaraningrat, lembaga sosial atau pranata sosial berarti sesuatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan-kebutuhan khusus dalam kebutuhan masyarakat. Dari   pengertian ini dapat dipahami bahwa lembaga sosial lebih berarti sebagai sebuah sistem sosial yang mengatur prilaku tertentu dalam masyarakat. Dalam pengertian ini , lembaga sosial bukan atau belum sampai menjadi organisasi sosial.
Namun dmikian, sebagaimana dikemukakan Soerjono Soekanto, lembaga sosial itu dapat berwujud asosiasi (association). Asosiasi  dalam hal ini dapat berarti pengelompokan individu-individu dalam masyarakat ke dalam sebuah lembaga sosial tertentu. Bank Muamalat Indonesia dan Asuransi Takaful adalah contoh dari asosiasi dibidang ekonomi yang merupakan implementasi dari lembaga sosial tersebut.
Pemaknaan terhadap lembaga ini kemudian mengalami perluasan. Saat ini lembaga lebih diartikan sebagai organisasi sosial.Hal ini selaras dengan pemahaman Hani Handoko yang menyatakan bahwa dalam satu pengertian organisasi bisa diartikan sebagai suatu lembaga atau kelompok fungsional.
Dri uraian tentang makna lembaga diatas, maka dapat dipahami bahwa yang dimaksud dengan lembaga adalah organisasi sosial yang mengorganisir sekelompok orang yang memiliki tujuan, target, sasaran, dan visi yang sama untuk menggarap sebuah usaha sosial tertentu.
Title: lembaga perekonomian, lembaga perekonomian umat, lembaga ekonomi umat, sejarah lembaga perekonomian umat,(ajt production); Post By: Mohammad Nafi; Rating Blog: 5 from 5

No comments: