PENULISAN & PENYUSUNAN
PROPOSAL BISNIS
PROPOSAL BISNIS
Mengapa perlu memahami?
BISNIS
Segitiga
b-i
b-i
Visi misi yang tidak efektif
LEADERSHIP
Kepemimpinan harus tunggal
Aktivitas harus kolektif
Fungsi Kepemimipinan : Motor, Innovator, Problem Solver dan Fasilitator.
Uswah kepemimpinan Rosululloh SAW :
¡ Kejujuran yang terbukti dan teruji
¡ Cakap dan Cerdas
¡ Inovatif dan Berwawasan ke Depan
¡ Tegas tapi Rendah hati
¡ Pemberani tapi Bersahaja
¡ Kuat Fisik dan Tahan Penderitaan
Tips penulisan
• S =Spesifik, khas untuk bidang bisnis/usaha tertentu.
Spesifik, untuk maksud & tujuan tertentu.
• M =Measureable, terukur.
• A =Achievable, bisa dicapai. Bukan angan-angan belaka.
• R =Reasonable and Rational. Beralasan dan logis untuk dikerjakan.
• T =Time Limited. Ada target waktu yang jelas atas pelaksanaan semua kegiatan bisnis yang dijalankan
Sistematika proposal
• I Pendahuluan
• II Metode Pelaksanaan
• iii Target
• IV Rencana biaya
• V Jadwal Pelaksanaan
• VI Organisasi pelaksana
• VII Potensi Khusus
• VIII Lampiran
Bab I pendahuluan
• A. Judul Kegiatan: Uraikan secara singkat dan jelas jenis kegiatan /usaha yang akan dilakukan.
• B. Status Usaha: Jelaskan status usaha yang akan dilakukan, usaha baru atau pengembangan
• C. Rasional Kegiatan: Uraikan secara jelas alasan yang melatar-belakangi dipilihnya kegiatan usaha yang akan dilakukan
• D. Tujuan Kegiatan: Uraikan tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan usaha yang akan dilakukan
BAB II METODE PELAKSANAAN
• A. Produk: Uraikan jenis produk (barang/jasa) yang akan dijual, karakteristik produk, kualitas dan kuantitas produk yang ditawarkan
• B. Bahan Baku: Uraikan jenis bahan baku yang akan digunakan untuk produksi, tingkat ketersediaan bahan baku, prosedur perolehan bahan baku. Sumber bahan baku.
• C. Proses Produksi: Uraikan alur proses produksi, teknologi yang digunakan, ketrampilan tenaga kerja yang dibutuhkan, jumlah tenaga kerja yang terlibat
• D. Pemasaran: Uraikan dengan jelas katagori/kelas dan perkiraan jumlah konsumen yang dibidik, strategi pemasaran yang dilakukan, sebutkan daerah cakupan pemasaran lokal/regional/nasional
• E. Tempat Produksi: uraiakan dengan jelas alamat tempat usaha dilakukan, jelaskan karakteristik tempat usaha, uraikan pula pengaruhnya terhadap prospek usaha.
BAB III TARGET LUARAN
• A. Target produk: Uraikan jenis produk (barang/jasa) yang akan dijual, karakteristik produk, kualitas dan kuantitas yang akan ditawarkan
• B. Target konsumen: Uraiakan jenis dan jumlah calon sasaran yang ditargetkan akan menjadi konsumen
• C. Target pendapatan: Uraiakan jumlah pendapatan yang ingin dicapai.
BAB IV RENCANA BIAYA
BAB V JADWAL PELAKSANAAN
BAB VI ORGANISASI PELAKSANA
VII POTENSI KHUSUS
VIIi lampiran
Buatlah proposal bisnis….
No comments:
Post a Comment