"Masalah besar adalah bagaimana anda menemukan passion anda"


Masalah besar adalah bagaimana anda menemukan passion anda

Pejuang (strivers) tahu apa yang mereka sukai dan akan mengerjakannya
Pencari (seekers) tidak tahu apa yang mereka sukai dan perlu menemukan nya
Passion sangattlah penting dalam meraih kesuksesan, tetapi masalah besarnya adalah bagaimana menemukakan passion anda tersebut. Tentu saja ada anak tahu bahwa ia ingin menjadi dokter atau pengacara pada saat mereka berusia sepuluh tahun. Aku menyebut orang-orang seperti ini adalah “pejuang” karena mereka tahu apa yang mereka sukai, dan dapat berjuang untuk mencapai apa yang mereka sukai. Tetapi aku menemukan orang sukses lainnya, yang jumlahnya lebih banyak. Aku menyebutnya “Pencari”. Mereka tidak memiliki petunjuk yang bisa memberitahu tentang passion mereka,dan oleh karena itu merekaperlu mencari tahu. Jadi jika duduk sendirian dan berfikir, “Apa yang salah denganku? Aku tidak tahu apa yang aku sukai,” selamat bergabung. Anda tidak sendirian.
Dalam risetku, aku mendapatkan banyak pencari yag sukses, yang perlu mencari passion mereka terlebih dahulu, termasuk James Cameron si pembuat film Titanic, Paul McCartney dari the beatles. Martha Stewart guru rumahtangga, Anita Roddick pendiri boddy shop, dan pekabar Injil, Billy Graham. Setelah akhirnya mereka menemukan passion mereka, mereka melesat menuju kesuksesan yang luar biasa. Russell Campbell presiden ABN AMRO Asset Management Canada, merngkum semuanya dengan baik dalam kata-katanya, “ada sesuatu dalam dirimu yang mendorongmu kesuatu arah tertentu,n yang perlu kamu lakukan adalah mengikutinya. Bagian tersulit adahal mengetahui dorongan apakah itu?aku menghabiskan waktu tigapuluh tahun menemukan apa yang kau cari?”.
Menjadi seorang pencari sebnarnya memberikan beberapa keuntungan. Anda berjalan tidak di jalur yang sudah digariskan, sehingga anda sering kali terjerumus dalam belantara yang belum pernah terjamah, dan menemukan dunia baru. Columbus  yang sedang berjalan menuju India Timur malah menemukan dunia baru Amerika. Limaratus tahun kemudia, Jim Kimsey tidak tahu ke mana harus ia pergi dalam hidupnya, dan suatu dunia Amerika yang berbeda ketika ia menemuka AOL, Amerika Online.
Robert Ward, senior VP untuk design dan perencanaan Universitas Studios, berkata padaku, “Banyak diantara kita yang telah berhasil dalam pekerjaannya, sebenarnya menempuh jalan yang tidak pernah kita pikirkan akan kita dan sekarang aku mengelola proyek-proyek taman bermain bernilai jutaan dolar untuk Universitas Studios. Makanya, aku suka berfikir bahwa kini, aku melukis dengan bulldozer.” Robert menambahkan, “ Kamu tidak harus selalu tahu apa yang kamu inginkan. Jangan takut mengucapkan, aku tidak tahu apa yang ingin kulakukan. Hal itu akan tiba pada waktunya.”
Akan tetapi, terkadang kita takut untuk mengatakan bahwa kita tidak tahu apa yang ingin kita lakukan, karena kita sering mendengar bualan seseorang, “Anakku baru 12 tahun, dan ia akan mnjadi seorang pengacara.” Kemudian kita pikir lebih baik untuk menjadi  seorang pejuang. Tentu saja para Pejuang tidak akan terlalu gelisah karena mereka tahu kemana mereka akan pergi, namun hal ini bukanlah berarti lebih baik atau lebih buruk, ini hanyalah satu jalan saja. Jalan yang lain adalah menjadi seorang Pencari yang berkelana tanpa arah yang jelas, dalam pencarian passion yang tidak diketahui, dan tetapsaja sampai pada tujuan yang tepat-mungkin saja suatu tujuan yang baru atau belum terjelaahi. Sesungguhnya untuk sampai ke tujuan tersebut, anda tidak perlu tahu arah perjalanan anda.
Aku tidak tahu ke mana arah perjalananku ini, tetapi aku sedang menuju ke sana.
Carl Sandburg pengarang, penyair
Aku dahulu tidak terlalu tahu apayang kuinginkan dalam hidup ini. Aku pernah menjadi seorang penguji produk, petugas penjara, seorang montir. Aku tahu aku lebih menyukai yang ini.
Dan Aykroyd aktor populer
Title: "Masalah besar adalah bagaimana anda menemukan passion anda"; Post By: Nafindo Group; Rating Blog: 5 from 5

No comments: